Rabu, 14 Mei 2008

C I N T A

Cinta adalah sebuah perasaan yang ingin membagi bersama atau sebuah perasaan afeksi terhadap seseorang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut.
Belakangan ini saya banyak berpikir tentang arti “cinta,” karena ada banyak macamnya. Cinta untuk sesama, adalah kasih terbesar. Buat saya pribadi, yang penting kita mencintai diri sendiri supaya bisa mempunyai kekuatan untuk mencintai orang lain maupun lingkungan kita. Bukan untuk menjadi super narsis, namun supaya bisa mempunyai kekuatan kerja dan kekuatan berbagi. Berbagi juga tidak perlu muluk-muluk, apa saja yang kita punya. Kadang-kadang kalau suka nongkrong, daripada begitu kan lebih baik mengerjakan sesuatu yang berguna. Bisa bantuin mengerjakan sesuatu yang fun buat kita, tapi membantu buat orang lain. Kalau suka menulis, ya nulis aja di blog yang berguna buat orang lain, kan fun juga buat kita. Kalau suka main musik, ya main musik saja di panti asuhan, kan fun buat kita dan menghibur anak-anak yatim piatu. Kalau suka membaca, bacalah buku anak-anak di rumah sakit bagian anak-anak, supaya para pasien cilik terhibur. Ada banyak cara supaya fun buat kita, tapi berguna buat orang lain. Cinta untuk orang lain, menurut saya adalah sesuatu yang realistis, bukan sekedar perasaan. Mengapa? Cinta terhadap kekasih kalau cuma berdasarkan perasaan alias “taksir-menaksir,” itu tidak menjamin kelanggengan. Cinta terhadap teman (platonik), misalnya, juga bukan perasaan saja, namun adalah perbuatan dan komitmen. Apalagi terhadap pacar dan pasangan hidup. Jadi, buat saya, kalau “cinta adalah perasaan,” kedengarannya terlalu berlebihan dan ujung-ujungnya mungkin tidak banyak artinya. Malah mungkin banyak membuat hati gundah dan rindu saja, tidak produktif. Kecuali, ini bisa dibalikkan menjadi enerji untuk beraktifitas, ini baru bagus. I do what I think and feel. Itu motto saya, makanya saya suka melakukan hal-hal yang fun buat saya namun berguna buat banyak orang. Ketika bermain, saya bekerja. Ketika saya mencinta, saya juga berbuat.

Tidak ada komentar: